Menulis Buku Otobiografi

.IMG-20141203-WA0000

:: Agus M Irkham

Menulis biografi buat saya adalah kesempatan belajar untuk lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara.  Meningkatkan sensitifitas panca indera untuk merespon setiap kisah yang meluncur dari narasumber.  Dari sisi keterampilan menulis, membuat saya leluasa untuk mengeksplorasi kedalaman waktu, tempat, dan kejadian.

Adalah tidak mudah menghadirkan kembali emosi narasumber yang sudah terjadi berpuluh tahun lalu yang pada saat ia bercerita “sudah berjarak dan selesai” dengan itu semua.

Adalah perjuangan tersendiri buat saya yang sebelumnya terbiasa dengan menulis esai harus menulis suatu kejadian dengan kacamata rasa dan visual.  Misalnya untuk sebuah kata “tangis” saya harus menuliskannya dalam satu paragraf panjang, dan…ini yang sulit: filmis!   Lebih dari itu, menulis biografi semakin menyadarkan akan diriku yang dhaif ini.  nothing.  Jadilah ia semacam guru kehidupan buatku.  ajaib.

MasyaAllah!

Sungguh, ini bukan soal perubahan banyaknya huruf tertumpah, yang semula dua-tiga lembar menjadi beratus-ratus halaman. Sungguh ini bukan soal besaran apresiasi, yang semula hanya puluhan ribu rupiah menjadi ratusan juta.

Sungguh, ini bukan soal keleluasaan pengetahuan atau kuatnya jaringan.  Tapi semua bermula dari kesetiaan untuk berproses dan tidak berhenti belajar.  menulis, entah karena sekadar untuk kesenangan, konsekuensi pekerjaan, maupun sebagai profesi adalah sebuah proses yang bertumbuh.

Layaknya  tetumbuhan, menulis menjadi entitas tersendiri yang hidup dan berkembang atau  sebaliknya layu dan mati.  Tergantung kualitas penjagaan kita atas tetumbuhan itu.  Maka teruslah berproses, lanjutkan langkah kaki perjalanan anda.  Pohon tumbuh tidak tergesa-gesa. Demikian pula aktivitas menulis. Ia menjadi perhentian sementara atas ritme hidup kita yang cenderung serba bergegas.  Akan tiba saatnya buah-buah ketekunan dan kesabaran itu akan kita panen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>