Gempa Literasi: Dari Kampung untuk Nusantara

GL_oke

Buku ini saya tulis bersama Gol A Gong. Diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia pada tahun 2012. Berisi 99 esai tentang buku, perpustakaan, komunitas literasi, budaya baca-tulis, dan Taman Bacaan Masyarakat. Dilengkapi pula dengan 50 profil komunitas literasi di Indonesia. Melalui buku ini, literasi saya hadirkan dalam dua sisi: konsepsi dan praksis. Sisi pertama memahamkan dan memberi pijakan tentang pentingnya melek literasi. Memberikan panduan perkembangan literasi di Indonesia, serta mendedahkan pentingnya masyarakat pembelajar. Sisi kedua berupa contoh bagaimana buku diupacarai dan dirayakan komunitas literasi.

Bentangan tema dalam buku ini begitu luas karena literasi berjalin erat dengan kehidupan, karena ia tak hidup dalam ruang hampa udara. Pembicaraan yang ditampilkan dalam 99 esai pun punya makna khusus: undangan agar pembaca menggenapinya menjadi 100 melalui aksi nyata dan kemudian diceritakan dalam bentuk tulisan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>