Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan Forum TBM

POS

:: Agus M. Irkham

Data yang pernah dikemukakan oleh Perpustakaan Nasional berdasarkan permintaan ISBN, ada 30ribu judul buku baru pertahun. Tentu angka sebenarnya lebih besar lagi. Jika setiap judul dicetak 3ribu eksemplar maka ada 90 juta eksemplar buku yang beredar. Setiap menerbitkan buku, biasanya penerbit menambah 10 persen dari cetakan pertamanya untuk promosi dan donasi. Jadi per tahun minimal ada 9 juta eksemplar. Dari jumlah tersebut, taruhlah 3 persen saja yang digunakan untuk donasi maka, per tahun ada 270 ribu eksemplar. Atau perbulan ada sekitar 22.500 eksemplar buku yang dicadangkan untuk kebutuhan donasi.

Berkaitan dengan data tersebut, seyogianya Forum TBM memanfaatkannya, karena memang persoalan terbatasnya jumlah buku di TBM masih bersifat jamak. Apalagi Presiden Jokowi telah menunjuk PT. POS, menggratiskan biaya kirim buku ke perpustakaan dan taman bacaan tiap tanggal 17. Rasa-rasanya agak sulit jika kita berharap masing-masing TBM untuk saling mengirim, karena untuk memenuhi kebutuhan bacaan di TBM nya sulit.

Siapa yang punya buku? Ya penerbit.

Forum TBM di wilayah bisa menjalin kerjasama dengan IKAPI wilayah agar donasi buku bisa dilakukan di satu pintu. Setelah buku terkumpul, maka yang mengirim ke TBM-TBM di adalah Forum TBM. Kerana Forum lah yang tahu kondisi riel TBM, sehingga bisa menyusun prioritas, TBM mana yang layak mendapat buku lengkap dengan analisis kebutuhan jenis bacaan. Lebih bagus lagi jika bisa menyediakan kardus khusus yang ditempeli stiker IKAPI, FORUM TBM, dan tagar BERGERAK. Sehingga secara packaging menarik, tidak asal-asalan. Stiker yang keluar juga bisa menjadi kontrol dan input data sudah berapa kali pengiriman. Berapa ribu yang telah didonasikan, dan sebaran peta TBM yang mendapat donasi juga bisa dengan mudah dibuat.

Khusus untuk TBM-TBM yang berada di luar Jawa, khususnya di wilayah Indonesia Timur, Pengurus Forum TBM Pusat harus ambil bagian. Bisa bekerjasama dengan IKAPI Pusat. Buku yang diperoleh dari penerbit-penerbit–minimal yang ada di Jakarta) disortir, dikemas dan didistribusikan sesuai dengan kualifikasi data TBM yang telah dimiliki Forum TBM. Dengan demikian, diharapkan keadilan donasi akan terjadi. Pencapaiannya akan terukur. Nanti di akhir tahun bisa muncul angka-angka: berapa ratus TBM yang telah mendapatkan donasi buku, berapa eksemplar yang berhasil terdistribusikan, siapa saya yang menerima, dan peta sebarannya.

Saya rasa ide ini tidak di atas langit sana. Sangat realistis jika ada kemauan, fokus dan komitmen. Dengan demikian kebijakan Presiden Jokowi dapat kita respon dengan pendekatan dan aksi yang bersifat nasional atau makro. Tidak bersifat individual. Sehingga dampaknya bisa signifikan.

image: SuaraKarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>