Skripsi Undercover

IMG_20180312_073819_956

:: Agus M. Irkham

Sudah lama diskursus deschooling mengemuka. Namun yang berlangsung kemudian, bukan orang enggan bersekolah. Sebaliknya, sekolah (belajar dalam sistem formal) masih tetap menjadi pilihan mayoritas orang. Institusi pendidikan terus tumbuh dan berkembang.

Hal ini menandakan bahwa deschooling memang lebih tepat ditempatkan sebagai kritik, sehingga muncul negosiasi, dialektika untuk kemudian menghasilkan tesis baru. Sekolah dengan falsafah dan isi yang baru. Dengan demikian kritik akan berguna—memiliki potensi menghasilkan perubahan—jika dilakukan di dalam. “Peperangan” tersebut dilakukan di dalam gelanggang.

Upaya itu pula yang saya coba ikhtiarkan melalui buku ini. Buku IPK saya maksudkan agar seorang mahasiswa pada saat kuliah tidak hanya memperoleh indeks prestasi kumulatif yang tinggi tapi juga indeks peradaban yang tinggi pula. Setiap kuliah yang dijalani menjadi momen-momen penting yang akan membentuk karakter dirinya. Harapannya saat lulus nanti, ia menjadi sarjana kuadran pertama. Yaitu sarjana (middle class) yang memiliki kemampuan memberikan nilai tambah yang signifikan kepada lingkungannya.

Buku IPK ini terbit tahun 2010 lalu. Menyusul di belakangnya, Skripsi Undercover. Terbit Maret 2018 ini. Melengkapi buku sebelumnya, buku ini saya tulis dengan tujuan agar mahasiswa mampu menjadikan penggarapan skripsi sebagai momen ujian atas kemampuan akademik, emosi dan spiritual mereka. Bukan sekadar syarat agar bisa lulus saja. Selain itu, saya juga berharap skripsi tidak menjadi karya tulis pertama dan terakhir mereka.

Buku Skripsi Undercover ini menjadi buku kedua, dari empat buku (tetralogi) yang saya rencanakan. Mudah-mudahan buku ketiga bisa menyusul tahun depan dan pada tahun 2020, buku keempat bisa menggenapi ketiga adiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>